Kadar Asam Urat Normal pria dan wanita

kadar asam urat normal pria dan wanita berbeda

Kadar asam urat normal pria dan wanita berbeda-beda. Pada wanita, kadar asam urat normal antara 2,6 – 6 mg/dl. Sedangkan pada pria, kadar asam urat normalnya antara 3,5 – 7 mg/dl. Tinggi rendahnya kadar asam urat pria dan wanita sangat dipengaruhi oleh asupan makanannya. Makanya, para penderita asam urat hendaknya bisa menghindari makanan yang mengandung asam urat tinggi semacam jeroan, bayam dan lain sebagainya, untuk lebih lengkapnya klik link berikut makanan penurun asam urat.

kadar asam urat normal pria dan wanitaKadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada wanita, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause. Mengapa asam urat cenderung dialami pria? Ini karena perempuan mempunyai hormon estrogen yang ikut membantu pembuangan asam urat lewat urine. Sementara pada pria, asam uratnya cenderung lebih tinggi daripada perempuan karena tidak memiliki hormon estrogen tersbut. Jadi selama seorang perempuan mempunyai hormon estrogen, maka pembuangan asam uratnya ikut terkontrol. Ketika sudah tidak mempunyai estrogen, seperti saat menopause, barulah perempuan terkena asam urat.

Berikut adalah nilai normal glukosa, kolesterol, dan kadar asam urat secara umum:

Kadar Glukosa Normal:

  • Gula darah sewaktu: <140 mg/dL. gula darah puasa: <128 g/d

Kadar Kolesterol Normal:

  • Kolesterol total: < 200 mg/dL
  • Trigliserida: < 150 mg/dL
  • HDL: > 55 mg/dL (pria) dan >65 mg/dL (wanita)
  • LDL: < 150 mg/dL

Kadar Asam Urat Normal:

  • Pria: 3,5 – 7,0 mg/dL
  • Wanita: 2,6 – 6,0 mg/dL

Seperti halnya kolesterol dan gula darah, Asam urat hanya bisa diketahui secara valid melalui tes di laboratorium. Kita hanya bisa mengenali asam urat melalui gejala-gejala dan reaksi yang ditimbulkan saja. Namun Anda perlu ingat bahwa hasil yang valid hanya bisa Anda dapat dari hasil cek laboratorium. Cek kadar asam urat di laboratorium bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu tes enzimatik dan Teknik Biasa. Kadar asam urat normal menurut tes Enzimatik maksimum 7 mg/dl. Sedangkan pada Teknik Biasa, nilai normalnya maksimum 8 mg/dl.  Jika hasil cek menunjukan angka diatas batas normal, maka bisa dipastikan Anda sedang menderita kelebihan asam urat atau asam urat tinggi.

Jika Anda sudah merasakan beberapa gejala asam urat, seperti rasa nyeri pada ujung-ujung jari kaki dan persendian, lebih baiknya Anda segera mengambil tindakan penyembuhan. Anda bisa melakukan penyembuhan asam urat dengan berbagai alternative tradisional salah satunya dengan tanaman obat dengan cara digodok atau yang berupa kapsul. Untuk lebih lengkapnya klik mengenai cara mengobati asam urat

Terima kasih 😀 atas kunjungan dalam artikel kadar asam urat normal pria dan wanita, salam sehat.

This entry was posted in Artikel Asam Urat and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *