Pengobatan Alternatif Herbal Untuk Alergi

Alergi kulit merupakan hipersensitivitas pada salah satu aspek pertahanan tubuh. Di sini alergi yang paling relevan bisa disebabkan karena perubahan dalam cara alami tubuh untuk mengatur lingkungan di dalamnya. Alergi juga bisa terjadi karena reaksi terhadap benda asing (alergen).

·  Kasus Pasien
Ridwan (38) adalah seorang pegawai BUMN yang kini dikaruniai seorang anak. Semula kehidupan mereka lancar-lancar saja, namun tiba-tiba terjadi sangat terganggu setelah dirinya mengidap penyakit akut. Semula timbul bercak-bercak merah di muka. Hal itu dikira hanya sekadar alergi biasa.
Namun, lama kelamaan bercak dan rasa gatal tersebut semakin hebat, dan menyerang seluruh tubuhnya. Beberapa kali Ridwan berobat ke medis, terutama pada pada spesialis kulit, namun hasilnya tetap belum memuaskan. Bahkan, bercak di muka semakin menyedikan karena diiringi dengan cairan kental seperti bernanah. Siksaan berat terus bertubi-tubi, karena hampir setiap malam istri selalu menggaruk dan membedaki punggungnya.

·  Sisi Medis
Alergi kulit merupakan hipersensitivitas pada salah satu aspek pertahanan tubuh. Di sini alergi yang paling relevan bisa disebabkan karena perubahan dalam cara alami tubuh untuk mengatur lingkungan di dalamnya. Alergi juga bisa terjadi karena reaksi terhadap benda asing (alergen). Bentuknya beragam dan bisa menyerang berbagai sitem tubuh. Misalkan, makanan atau obat dapat menyebabkan mual dan bercak merah, atau zat kimia tertemtu seperti detergen atau seng oksida pada plester juga bisa menyebabkan gatal kulit. Debu serta serbuk sari juga merupakan factor yang mampu memperburuk bagi orang yang sensitive.

·  Pengobatan Herbalisme
Herbalisme juga melihat bahwa penyakit alergi sering disebabkan berbagai faktor seperti halnya penggunaan pola makanan yang salah atau karena terlalu sensitifnya kulit terhadap lingkungan sekitarnya. Selain itu, goring-gorengan dan alcohol juga sangat berpengaruh terhadap penyebaran, di samping merusak fungsi hati. Dan apabila dibiarkan akan terjadi iritan dan mengakibatkan stres dan gangguan pada pernapasan. Beberapa tetumbuhan herbal atau tanaman obat yang dipakai oleh herbalis Haji Andi Muhmmad adalah  sebagai berikut:

Bahan Obat:
1. Temu kunci (Grastocilus panduratum) 1 ons
2. Daun meniran (Phylanthus urinaria)   1 ons
3. Daun galundi (Metha arvensis)   1 ons
4. Kemiri (Aluerites mollucana) 3 biji
5. Lengkuas (alpinia galangal)   1 ons

Khasiat Obatnya:
1.      Temu kunci (Grastocilus panduratum) berkhasiat sebagai pengurang rasa gatal pada kulit dan mampu menhilangkan bercak hitam.
2.      Daun meniran (Phylanthus urinaria) yang disinyalir mempunyai banyak kandungan minyak asiri ini mempunyai khasiat seperti mengeluarkanselaput lender dan mengurangi peradangan serta meningkatkan ketahanan tubuh terhadapa iritan.
3.      Daun galundi (Metha arvensis) mempunyai khasiat sebagai pelemas saluran napas yang hipersensitif.
4.      Lengkuas (alpinia galangal) dan Kemiri (Aluerites mollucana) disinyalir mampu mengatasi rasa gatal sekaligus meluruhkan dan menghambat perkembangan virus.

Pantangan
1.      Udang
2.      Petis terasi
3.      Kacang panjang
4.      Daging kambing

This entry was posted in Artikel Pengobatan Herbal and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Pengobatan Alternatif Herbal Untuk Alergi

  1. wandy says:

    nama lain dari daun galundi itu apa sih??
    browsing di google gak ketemu!!!
    minta tolong posting gambarnya yang lebi jelas dong!!
    makasi…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>