Pengobatan Herbal Asma dan Sinustis

Asma bronkial adalah penyakit yang berupa peradangan saluran napas dengan gejala-gejala heperaktif pada saluran napas tersebut. Yakni, ditandai dengan penyempitan saluran napas. Pada saat awal tanda-tanda itu sangat sederhana berupa batuk-batuk pada sore atau pagi pada saat kelembaban udara berubah.

• Studi Kasus
Juliana (39) sudah lima belas tahun membina rumah tangga dan telah dikaruniai tiga orang anak yang kini menganjak usia remaja. Lima tahun yang lalu, Juliana sempat dinyatakan mengidap penyakit sesak napas akut atau asma. Banyak hal-hal yang membuat napasnya sesak seperti alergi pada hewan piaraan, debu kamar, karpet serta beberapa benda yang membuat alergi napas. Terapi kedokteran terus dilakukan bahkan ia sempat mendapat bantuan oksigen untuk mengatasi sesaknya yang kronis.
Namun, sehari dua hari, asmanya sempat sembuh. Tetapi, setelah itu kambuh lagi dan seterusnya. Sampai saat ini rumah keluarga Juliana harus tetap bersih untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan asma kambuh. Ini diperburuk lagi dengan penyakit sinustis  yang sangat mengganggu pernapasan ibu rumah tangga ini.

• Sisi Medis
Asma bronkial adalah penyakit yang berupa peradangan saluran napas dengan gejala-gejala heperaktif pada saluran napas tersebut. Yakni, ditandai dengan penyempitan saluran napas. Pada saat awal tanda-tanda itu sangat sederhana berupa batuk-batuk pada sore atau pagi pada saat kelembaban udara berubah. Maka lebih jauh akan terjadi penyempitan bahkan lebih berat dan napas akan semakin sulit keluar. Biasanya akan menimbulkan bunyi “ngik” ata kita kenal dengan “mengik”.
Cara terbaik untuk mngatasinya memang menghindari hal-hal yang menimbulkan alergi, seperti debu rumah dan bulu hewan peliharaan. Pelega bronkus diperlukan untuk mengatasi kekejangan bronkus seperti penggunaan inhaler. Kortikosteroid topikal dalam bentuk inhaler sangat berguna, walaupun efek bronkoditasinya tidak secepat obat obat ventolin (salbutamol). Selain itu, obat Intal (Natrium kromoglikat) juga bekerja menghalangi terbentuknya kompleks antigen serta mencegah pelepasan histamin yang menimbulkan gejala asma.

Pengobatan Herbalisme
Penyakit asma apabila sudah sangat akut memang harus memakai alat khusus untuk membantu pernapasan. Penyakit itu juga bisa diatasi dengan beberapa ramuan herbal yang berfungsi sebagai antiasma dan bronkial. Beberapa kandungan dalam obat-obatan herbal juga mempunyai kandungan zat-zat aktif yang mengandung alkaloid, diantaranya zat hiosina, hioiamina, dan skolamina. Tanda-tanda asma mudah kita kenali kalau kita memang sudah mengenal adanya riwayat asma juga pada keluarga, misalkan orangtuanya. Dan kita harus dengan cepat mengatasinya, karena mengatasi asma lebih dini akan lebih memudahkan pengobatan dan bisa menjaga fungsi paru-paru dengan lebih baik.

Pantangan
1. Cabe
2. Es
3. Minuman soda
4. Menghindari penggunaan obat-obatan kimia yang berlebihan
5. menghindari bulu-bulu peliharaan

This entry was posted in Artikel Pengobatan Herbal and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>