Pengobatan Herbal Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus adalah penyakit yang pada dasarnya tak begitu berbahaya. Tetapi, yang justru ditakutkan adalah apabila mengalami komplikasi yang jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan penyakit lain, seperti penyakit jantung, darah tinggi, serta ginjal.

• Studi Kasus
Rudi (30) sebelumnya adalah seorang olahragawan yang sangat berprestasi. Namun , kebiasaan berolahraga tiba-tiba terhenti. Ini mengakibatkan dirinya sering sakit-sakitan. Ditambah lagi, Rudi juga mengonsumsi minuman beralkohol. Akibatnya, kondisinya semakin memburuk seperti mudah letih dan tidak bergairah. Selain itu, berat badannya (walupun ia makan banyak) juga semakin turun dan hamper setiap saat selalu kehausan. Ia akhirnya pergi ke dokter. Setelah melakukan general check up, ia dinyatakan terkena diabetes, yang sebenarnya sudah cukup akut dan perlu perawatan khusus.

• Sisi Medis
Diabetes mellitus adalah penyakit yang pada dasarnya tak begitu berbahaya. Tetapi, yang justru ditakutkan adalah apabila mengalami komplikasi yang jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan penyakit lain, seperti penyakit jantung, darah tinggi, serta ginjal. Kalau seandainya seseorang datang ke pusat pengobatan yang khusus untuk penyakit tersebut untuk mencegah terjadinya komplikasi secara berlanjut. Pada dasarnya diabetes ini sifatnya menurun dan kompleks.
Kondisi ini terjadi karena pankreas menghasilkan terlalu sedikit hormone insulin yang mencegah gula dalam tubuh. Akibatnya, gula dikeluarkan melalui kencing. Ini menimbulkan rasa haus serta kehilangan banyak berat badan. Bila dibiarkan, ini menyebabkan katarak atau pembentukan keton dalm darah. Keton ini bila dibiarkan akan menumpuk dan menyebabkan keruntuhan fisik, bahkan koma. Diabetes umumnya ditangani dengan diet insulin dan diet kontrol ketat.

Pengobatan Herbalis
Dari sisi herbalis, orang yang terkena penyakit diabetes di atas usia muda membutuhkan insulin untuk jangka waktu yang lama bahkan bisa seumur hidup. Namum, disiplin menjaga kadar gula yang masuk dalam tubuh merupakan satu alternatif mengurangi penyebaran penyakit tersebut. Untuk itu, diperlukan pencegahan timbulnya komplikasi dengan mengubah  cara hidup yang salah seperti cara hidup kebarat-baratan menjadi cara hidup tradisional seperti mengonsumsi makanan yang mengandung tepung-tepungan. Sehingga, kadar serta jumlah pasien diabetes di masa mendatang bisa dicegah da komplikasinnya bisa dikurangi apabila disertai dengan pola hidup sehat.

Pantangan
1. Es
2. Minuman bersoda
3. Zat yang banyak mengandung gula
4. Hindari kebiasaan merokok

This entry was posted in Artikel Pengobatan Herbal and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *