Efek Mengkudu Terhadap Kesehatan

mengkudu

mengkudu

MENGKUDU, pace, atau noni yang nama latinnya Morinda citrifolia memang terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dapat mengurangi rasa sakit (sebagai anelgesic), melancarkan peredaran darah serta dapat menangani masalah impotensi pada pria.  Ia mengandung karbohidrat, protein dan lemak dengan kadar rendah.

Selain itu mengkudu juga mengandung vitamin C, B (niacin), A dan 18 asam amino yang berguna bagi tubuh.  Ia juga dipergunakan sebagai pelancar menstruasi, mengatur siklus bulanan yang tidak menentu menjadi lebih teratur, menurunkan hipertensi, baik juga bagi penderita diabetes.

Sebagai “immune booster”, ia merangsang kerja sistem pertahanan tubuh.  Ia juga efektif sebagai “digestive stimulant” (membantu pencernaan, mengatasi sembelit).  Mengkudu mengandung morfin sulfat, baik untuk analgesik, atau penghilang rasa sakit, pusing, nyeri kepala dsb. Ia juga berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur.  Mengkudu juga dapat dipakai sebagai anti tumor dan anti kanker.

Cara mengkonsumsi nya dengan memakan buah segarnya secara langsung, terutama yang masak.  Tapi awas, baunya itu, sangat menyengat dan tidak sedap.  Sehingga orang lebih suka dibuat jus, dicampur sirupberbagai rasa, leci, lemon, rasberi dsb untuk mengurangi baunya yang tidak enak.

Buah yang paling efektif digunakan adalah buah yang masak, yang sudah jatuh dari pohonnya.  Buah yang sudah tua warnanya putih kekuningan, setelah didiamkan beberapa hari juga akan lembut dan berbau tidak sedap.

Selain dijus, bisa juga direbus dengan gula merah dicampur jahe, atau asem jawa, atau jeruk nipis, tidak dicampur apa2 juga boleh, campuran gula dsb tadi hanya sebagai penyedap rasa dan penghilang bau.

Selain dari buah segar, ada juga yang dijual dalam bentuk kapsul. Ada juga yang jual dalam bentuk jus dengan berbagai rasa, tetapi harganya sangat mahal.  Kalau buat sendiri, selain lebih murah, kita tahu keasliannya, kalau yang dijual dalam kemasan yang bagus, kurang berbau, tetapi kita tidak tahu kadar buah mengkudu yang ada di dalamnya itu seberapa besar.

Kalau kita konsumsi yang dalam bentuk kapsul, sering ada efek sampingnya, sakit pinggang, teriutama kalau kurang minum air.  Jadi lebih baik cari buah yang segar, buat sendiri jusnya, rasanya disesuaikan dengan selera kita.

This entry was posted in Artikel Tanaman Obat, Tanaman Obat Mengkudu and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Efek Mengkudu Terhadap Kesehatan

  1. Pingback: TAANAMAN | Adedhena2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *