Gejala Asam Urat Tinggi & Cara Pencegahanya

Gejala Asam Urat Tinggi & Cara Pencegahanya

Gejala Asam Urat

Penyakit asam urat alias gout adalah penyakit sendi yang terjadi karena kadar asam urat yang begitu tinggi dalam darah. Pada keadaan normal, asam urat larut dalam darah serta keluar lewat urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat membuat asam urat dalam jumlah berlebihan atau mengalami masalah dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk pada tubuh.

Penyebab Asam Urat

 

Yang memicu asam urat bisa muncul karena banyak hal. Kadar asam urat dalam tubuh dapat terdiagnosa tidak normal sesudah melalui tes laboratorium. Saran medis dari dokter akan memberi resep Obat Asam Urat yang memberikan efek menghilangkan rasa sakit di persendian dan mencegah peradangan. Sebaiknya bila anda berusaha untuk menghindari beberapa point yang digolongkan jadi pemicu asam urat, salah satunya :

Terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung purin sehingga mengakibatkan kandungan purin menjadi asam urat saat tubuh mengalami metabolisme.

Keadaan ginjal yang tidak dapat membuang kelebihan asam urat karena terlalu banyak zat purin yang masuk ke dalam tubuh.

Terlalu banyak kristal asam urat yang menumpuk di persendian hingga hal ini mengakibatkan nyeri, linu, membengkak, panas, kaku, dan meradang di bagian persendian.

Gejala Awal Asam Urat

Dalam beberapa kasus, penyakit asam urat tidak menunjukkan gejala apa pun sebelumnya. Gejala asam urat umumnya mulai muncul saat pasien telah mengalami kondisi yang akut atau malah kronis. Gejala yang paling umum ialah:

  • Nyeri pada persendian yang terjadi saat pagi hari disaat bangun tidur atau saat malam hari bisa jadi merupakan gejala asam urat.
  • Persendian terasa nyeri, ngilu, kesemutan, linu bahkan juga hingga sampai bengkak serta kemerahan karena asam urat sudah mulai meradang.
  • Nyeri pada persendian yang terjadi dengan berkali-kali.
  • Nyeri berasa di persendian kaki, tangan, tumit, dan siku.
  • Bila nyeri yang dirasa sudah begitu sakit umumnya si pasien jadi kesulitan untuk bergerak.

Gejala asam urat umumnya muncul tiba-tiba, tidak bisa diperkirakan, serta seringkali berlangsung di tengah malam. Sebagian besar gejala asam urat hanya berlangsung dalam beberapa saat selama 1-2 hari. Tetapi pada masalah yang parah, nyeri pada sendi bisa jadi berlangsung dalam kurun waktu beberapa minggu.

Sementara, ada juga yang merasakan gejala encok sampai 6-12 bulan – dalam intensif yang berbeda setiap harinya. Situasi ini, cukup parah, apabila Anda merasakannya, lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

Pencegahan Penyakit Asam Urat

Untuk Mencegah peradangan yang berlebihan pada persendian, sebaiknya Anda mengikuti saran berikut ini

Menghindari makanan dengan purin tinggi

Anda hanya harus menghindari makanan dengan tinggi purin seperti jeroan, kaldu daging, sosis, bebek.  Sementara, makanan yang perlu dibatasi yakni:

  • Daging serta ayam yang hanya boleh 50 gr /hari
  • Kacang hijau, kacang kedelai, serta kacang tanah yang bisa dikonsumsi sekitar 25 gr dalam satu hari
  • Beberapa jenis sayuran misalnya, bayam, kangkung, buncis, kembang kol, daun dan biji melinjo yang masing-masing cuma bisa dikonsumsi sekitar 100 gr /hari.

gejala asam urat tinggi

Perbanyak konsumsi air mineral

  • Minuman mengandung alkohol mempunyai tingkat purin yang sangat tinggi. Tidak disarankan untuk anda yang mendambakan gaya hidup yang sehat serta terlepas dari segala macam penyakit khususnya Asam urat. Kandungan purin pada minuman mengandung alkohol sangat merugikan anda serta kesehatan anda tentu saja. Hindarilah minuman tersebut supaya anda tetap bugar dan sehat

gejala asam urat tinggi

Mengkonsumsi buah buahan tinggi antioksidan

  • Asam urat yang tinggi bisa kita turunkan dengan konsumsi Buah setiap hari. Buah Ceri, Stroberry serta kulit manggis sudah terbukti bisa menurunkan kadar asam urat pada tubuh. Bahkan juga dapat mencegah lantaran kandungan Anti-oksidan di buah begitu bermanfaat untuk mencegah Asam urat menjadi berlebih.

gejala asam urat tinggi

Rajin berolah raga setiap hari

  • Berolahraga rutin dapat mencegah kadar Asam urat pada tubuh, dengan membiasakan diri olahraga beberapa saat saja dalam sehari bisa membuat badan anda terlepas dari segala jenis penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *