CARA MENCEGAH DAN MENGOBATI AMBEIEN / WASIR

CARA MENCEGAH DAN MENGOBATI AMBEIEN / WASIR

Ambeien atau wasir (hemorrhoid) adalah penyakit yang umum dihadapi orang tua. Penyakit ini muncul saat pembuluh darah yang ada dibagian bawah rektum serta anus mengalami pembengkakan, karena terdapatnya peningkatan tekanan di bagian bawah rongga perut.

Penyakit wasir atau ambeien dapat dikarenakan oleh beberapa factor, dari mulai rutinitas mengejan yang sangat kuat, duduk kelamaan, membawa beban berat dengan terus-terusan, sembelit, kehamilan, dan garis keturunan.

Berdasar pada tempat kemunculannya, penyakit wasir bisa dibedakan jadi dua type:

Internal hemorrhoid. Wasir ini muncul di bagian dalam saluran rektum Anda. Kebanyakan internal hemorrhoid tidak nyeri tetapi menyebabkan BAB berdarah.

External hemorrhoid. Wasir ini terletak di bagian luar anus dan bisa jadi terasa gatal atau nyeri, kadang bisa robek dan berdarah.

cara mencegah dan mengobati ambeien

Walaupun wasir tidak beresiko serta umumnya akan pulih dengan sendirinya, akan tetapi bisa memunculkan perasaan tidak nyaman serta nyeri. Ada beberapa cara menyembuhkan ambeien yang dapat Anda lakukan untuk menangani serta membantu meringankan keluhan yang muncul.

OBAT HERBAL ALAMI UNTUK MENGOBATI AMBEIEN

Obat Herbal Alami ntuk Mengatasi Ambeien
Tidak hanya merubah pola hidup, Anda dapat juga dapat mencoba penyembuhan alami untuk mengatasi ambeien. Beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk membantu meringankan ambeien

Daun ungu
Daun ungu atau Graptophyllum pictum dipercaya bisa mengobati dan mencegah Ambeien. Ini dikarenakan daun ungu mengandung zat anti radang dan anti mikroba. Tidak hanya itu, daun ungu juga memiliki efek samping yang minim.

tanaman daun ungu

 

 

MENCEGAH DAN MENGOBATI AMBEIEN

Merubah gaya hidup dapat jadi salah satu langkah yang sangat efisien untuk menyembuhkan ambeien. Merubah gaya hidup ini meliputi:

Menjaga kebersihan anus

 

Untuk mengobati sekaligus mencegah ambeien, Anda dianjurkan rutin untuk membersihkan di sekitar anus. Gunakanlah handuk kecil yang lembap dan hindari pemakaian sabun yang mengandung pewangi untuk mencegah terjadinya iritasi.

Konsumsi makanan yang berserat

Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi merupakan salah satu cara untuk mengobati Ambeien atau Wasir. Dikarenakan serat dapat membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu kuat pada saat BAB. Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, mengejan terlalu kuat bisa menyebabkan dan memperparah Ambeien. Makanan yang merupakan sumber serat seperti kacangan-kacangan, biji bijian atau oats, buah, dan sayur

makanan berserat untuk ambeien

Perbanyak asupan cairan

Memelihara tubuh tetap terhidrasi adalah cara lain untuk mengobati ambeien atau wasir. Memperbanyak konsumsi air bisa membantu menjaga tinja tetap lunak, serta dapat mengurangi terjadinya sembelit. Selain itu Anda juga harus menghindari minuman beralkohol dan berkafein, karena dapat menyebabkan ambeien bertambah parah.

perbanyak asupan cairan

Jangan tunda buang air besar

Menunda untuk buang air besar dapat membuat tinja menjadi semakin keras dan kering, sehingga membuat  Anda mengejan terlalu kuat. Oleh karena itu, segeralah buang air besar.

Olahraga teratur

Berolahraga dengan teratur tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, olahraga juga bisa membantu mengontrol tekanan darah, mencegah terjadinya sembelit. Maka dari itu dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

rutin olahraga untuk penderita ambeien

Berbagai cara di atas umumnya aman dilakukan dan terbuti untuk mengatasi gejala ambeien. Perlu di pahami juga jika penyakit anda tidak kunjung sembuh segeralah pergi ke Dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *